Selasa, 12 Februari 2013

HURUF-HURUF DALAM BAHASA JEPANG

hajimete,,yg pasti kalau ingin blelajar bahasa jepang harus tau huruf nya dulu dooong,,,
hai,,,huruf jepang itu ada 3 ciri yg pertama nama nya,,
1.huruf hiragana
2.huruf katakana
3.kanji
dan satu lagi yaitu romaji huruf romaji ini huruf2 untuk menulis huruf hiragana dan katakana kedalam huruf alfabet.jdi jangan takut ga bisa ya,,hehe

ya,,minasan sekarang kita belajar huruf yg sering nongol di anime,,hehe

1.HIRAGANA
     Huruf hiragana adalah huruf resmi dari jepang yg sering di pakai oleh orang jepang meskipun orang jepang sering memakai huruf kanji china tetapi kalau kita tau kanji itu pasti ada hiragana nya.kalian pernah liatkan,huruf kanji yg di atas nya ada huruf hiragana nya? nah,,kalu itu nama nya FURIGANA.
lanjut....huruf hiragana terdiri dari 46,,,jangan kaget ah,,haha.tapi kalau kita giat menghafal nya pasti bisa deh..kalau udah bisa bawaan nya pengen baca huruf2 yg ada di anime..trus juga pasti kalau ketemu orang yg baju nya ada huruf2 jepang pasti di baca tuh,,haha*pengalaman bgt*
kalu gitu ini huruf2 nya siapkan kertas yahh :D :


nah,,itu dia huruf nya ganbatte ya minsan,oboemashou

 Nah,,jika sudah hafal 46 hiragana di atas sekarang ada huruf-huruf hiragana yg diantaranya berubah baca nya coba perhatikan deh,,:

http://strawberrymilkchocolate.files.wordpress.com/2009/10/hiragana-dakuten-chart.gif?w=300&h=186

Jika yg di atas juga udah bisa bedakan yg mana huruf-huruf hiragana yg berubah  dengan di sertai simbol di atas nya” kalau symbol seperti ini (“) dinamakan teng-teng.hehe. dan kalau symbol yg seperti ini (o) di namakan maru atau bulat jadi jika huruf hiragana ada yg di sertai symbol tersebot ingat yaa,,baca nya beda :D
Nah,, satu lagi nihh,,penggabungan huruf hiragana dengan konsonan YA, YU, YO jadi huruf  hiragana yg sudah di hafal bisa di gabungkan dengan huruf konsonan YA, YU, YO demo(tapi) perhatikan deh gambar nya huruf yg depan lebih besar dari yg selanjut nya.kenapa? karna  paling terpenting menggabungkan nya dengan mengkaceilkan huruf konsonan YA,YU,YO jika dua-dua nya sama besar lafal huruf nya berbeda. 
 ini gambar nya :D
 

2.HURUF KATAKANA
     Emmm,,bagaimana udah hafal huruf hiragana nya? Hehe kalau sudah hafal lanjut ke huruf katakana. Huruf apa lagi tuh,,heh,,huruf hiragana aja masih lupa-lupa inget( seruan pengunjung xD)
Hajimemashou,,,mungkin sebagian darikalian yg suka jepang sudah hafal huruf ini tapi mungkin ada yg belum tahu atau ingin belajar bahasa jepang.
Huruf katakana adalah huruf yg terdiri dari 46 bentuk nya huruf nya kaku coba liat saja. Dan kalau kalian perhatikan huruf katakana ini banyak memilki kesamaan dengan konsonan-konsonan yg lain perhatiin deh :D biar cepet afal nya,,
Dan huruf katakana sering di gunakan untuk kata serapan dari bahasa lain sperti b.inggris contoh nya: bahas inggris nya dragon di jepang lafal nya jadi doragon, lalu soccer di jepang lafal nya jadi sakkaa dan sebagai nya.
Dan huruf katakana juga di gunakan untuk nama-nama orang asing sepertikita ini atau dari Negara lain selain Negara jepang  contoh: RIZKI di jepang lafal nya RIZUKI dan IRNA di jepang lafal nya jadi IRUNA dan seterus nya..
Kenapa begitu? Karna orang jepang sulit untuk mengucapkan kata yg lafal nya tidak ada di huruf nya seperti  kata KARNA orang jepang menyebut nya KARUNA.heh ribet deh kalau kita bicara sama orang jepang pakai bahasa Indonesia lafal nya bikin lier wkwkwk,,,
Kebanyakan ya,,orang jepang sangat sulit untuk mempelajari bahasa inggris karna mereka tidak bisa menyebutkan lafal yg huruf nya sendirian sekalinya bisa juga susah di mengeri apa yg dia ucap. Tetapi ada orang jepang yg fasih berbahasa inggris itu karna dia belajarlangsung di tempatnya.


Hehe,,jadi ngalur kemana-mana gomennasai ne :D tsugi ne.
Kan udahtuh huruf katakana nya kalau sudah hafal 46 sekarang liat perubahan dari huruf katakana.sebenarnya sama saja tapi kita bedakan aja ya:

Nah,,wakarimashitaka? Sama kan Cuma beda huru aja ko dan satu lagi penggabungan nya nih sama juga sama huruf hiragana jaa,,mimashou :D

Hai,,minna hiragana to katakana wo oboemashita ka?(hiragana,katakana udah hafal?)
Kalau sudah hafal alhamdu,,,lillah xD.
 gambar katakana perubahan:


gambar katakana gabungan:

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSIbH-1s1AtorQBWarkuCodUQJS4fo2eS4MQSyEL4HkYsaOC8TQ

3.KANJI
     Nah,,ini dia huruf yg paling lier tapi kalau kita udah tau cara goresan-goresan kanji nya seperti apa pasti kalian ketagihan deh pengen coret-coret tuh buku kalian :D dan belajar kanji juga melatih imajinasai kalian loh kalau lagi ga ngapa-ngapain menghayal kanji aja anggap aja kalian meggang pulpen terus coret-coret kanji yg kalian hafal. xD tapi asik lohh
Jaa,,hajimemashou,,
Huruf kanji adalah huruf yg berasal dari negri china,,, loh kenapa bisa ada di jepang juga? Nahh,,kalau masalah sejarah kanji nanti saya post ko kita liat dulu huruf kanji seperti apa siap mengantuk xD. Kanji di gunakan juga untuk menulis kata-kata asli bahasa jepang yg telah di terapkan dalam huruf kanji. Dan jumlah resmi yg di tetapkan untuk pendidikan di jepang sekarang adalah sekitar 1850 wow,,,banyak bgt xD mungkin bertambah lagi dan kalau kalian ingin kuliah di jepang ya syarat nya kaya gitu harus bisa kanji sebanyak itu. Dengan test yg nama nya NIHON GO NOURYOKU SHIKEN nati saja juga post ko :D
Nih ciri-ciri huruf kanji seperti ini:
 
Bagaimana? Hehe lier kah?saya pun lier xD tapi kalau masih ada semangat belajar pasti bisa ko walaupun itu sulit tapi coba deh lakukan sesuatu dengan niat segala sesuatu nya itu mudah bukan memikirkan kesusahan nya. Kalau selalu berfikir sulit dan tidak ingin mencoba nya sampai kapanpun tak akan pernah maju :D jaa,,minna motto ganbatte ne
janganlupa beli buku nya ya buat ngafal kanji..
Tips yg penting dari belajar kanji adalah nyak mencoret-coret kanji yg kalian hafal dan biasakan menghafal kanji satu hari 5 kanji atau 2 kanji sebisa nya saja hingga kalian nanti tidak sadar bahwa kanji yg kalian hafal sudah banyak. Dan biasakan juga berimajinasi huruf-huruf kanji yg kalian hafal…
Oia huruf romaji itu sama ko kaya huruf alfabet huruf itu untuk memudahkan saja
maaf kalau ketikan nya salah
Arigatou gozaimasu,, ^_^

14 komentar:

  1. masih belum ngerti nih sensei, kayak nya sulit bgt ya bhs jepang ?

    BalasHapus
  2. pngn bisa b.jpng ,, tapi blm bsa bsa :(

    BalasHapus
  3. Makasih ya atas berbagi info dan ilmunya.......

    Sangat bermanfaat sekali ..

    #Thanks .......... Salamblogger

    BalasHapus
  4. pengen memperlancar bahasa jepang nich sensei

    BalasHapus
  5. makasih sensei,
    tapi masih belum ngerti -.-"

    BalasHapus
  6. belajar terus jangan nyerah belajar bahasa jepang enak loh apalagi kalau masih huruf kamu bisa menghafal dengan cara sendiri,,,satu lagi yang nama nya belajar butuh peroses toh kalo ga ada proses bkan belajar dong yosh!!! ganbatte ne

    BalasHapus
  7. konbanwa minasan ... wah bagus postingan niechh membantu sekali.. domo..

    BalasHapus
  8. baca yang lain nya juga ya ,, ^_^ nanti kalo ada yang mau nanya2 komen aja yahh arigatou udah sempetin baca blog ini

    BalasHapus
  9. Kalo tulisan schatzi pake bhsa jepang gmna tulisan'a gan??

    BalasHapus
  10. Tanya kak, penulisan " kokkaku " pake hiragana gimana ??

    Thanks......

    BalasHapus
  11. Arigatou senpai =)
    atas ilu yg udah di share senpai =D
    makin jadinya blajar bahasa jepang =D

    BalasHapus

About Me

Foto Saya
ahmad baidhowie
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts