Newest Post

// Posted by :ahmad baidhowie // On :Tuesday, February 12, 2013

hajimete,,yg pasti kalau ingin blelajar bahasa jepang harus tau huruf nya dulu dooong,,,
hai,,,huruf jepang itu ada 3 ciri yg pertama nama nya,,
1.huruf hiragana
2.huruf katakana
3.kanji
dan satu lagi yaitu romaji huruf romaji ini huruf2 untuk menulis huruf hiragana dan katakana kedalam huruf alfabet.jdi jangan takut ga bisa ya,,hehe

ya,,minasan sekarang kita belajar huruf yg sering nongol di anime,,hehe

1.HIRAGANA
     Huruf hiragana adalah huruf resmi dari jepang yg sering di pakai oleh orang jepang meskipun orang jepang sering memakai huruf kanji china tetapi kalau kita tau kanji itu pasti ada hiragana nya.kalian pernah liatkan,huruf kanji yg di atas nya ada huruf hiragana nya? nah,,kalu itu nama nya FURIGANA.
lanjut....huruf hiragana terdiri dari 46,,,jangan kaget ah,,haha.tapi kalau kita giat menghafal nya pasti bisa deh..kalau udah bisa bawaan nya pengen baca huruf2 yg ada di anime..trus juga pasti kalau ketemu orang yg baju nya ada huruf2 jepang pasti di baca tuh,,haha*pengalaman bgt*
kalu gitu ini huruf2 nya siapkan kertas yahh :D :


nah,,itu dia huruf nya ganbatte ya minsan,oboemashou

 Nah,,jika sudah hafal 46 hiragana di atas sekarang ada huruf-huruf hiragana yg diantaranya berubah baca nya coba perhatikan deh,,:


http://strawberrymilkchocolate.files.wordpress.com/2009/10/hiragana-dakuten-chart.gif?w=300&h=186


Jika yg di atas juga udah bisa bedakan yg mana huruf-huruf hiragana yg berubah  dengan di sertai simbol di atas nya” kalau symbol seperti ini (“) dinamakan teng-teng.hehe. dan kalau symbol yg seperti ini (o) di namakan maru atau bulat jadi jika huruf hiragana ada yg di sertai symbol tersebot ingat yaa,,baca nya beda :D
Nah,, satu lagi nihh,,penggabungan huruf hiragana dengan konsonan YA, YU, YO jadi huruf  hiragana yg sudah di hafal bisa di gabungkan dengan huruf konsonan YA, YU, YO demo(tapi) perhatikan deh gambar nya huruf yg depan lebih besar dari yg selanjut nya.kenapa? karna  paling terpenting menggabungkan nya dengan mengkaceilkan huruf konsonan YA,YU,YO jika dua-dua nya sama besar lafal huruf nya berbeda. 
 ini gambar nya :D
 


2.HURUF KATAKANA
     Emmm,,bagaimana udah hafal huruf hiragana nya? Hehe kalau sudah hafal lanjut ke huruf katakana. Huruf apa lagi tuh,,heh,,huruf hiragana aja masih lupa-lupa inget( seruan pengunjung xD)
Hajimemashou,,,mungkin sebagian darikalian yg suka jepang sudah hafal huruf ini tapi mungkin ada yg belum tahu atau ingin belajar bahasa jepang.
Huruf katakana adalah huruf yg terdiri dari 46 bentuk nya huruf nya kaku coba liat saja. Dan kalau kalian perhatikan huruf katakana ini banyak memilki kesamaan dengan konsonan-konsonan yg lain perhatiin deh :D biar cepet afal nya,,
Dan huruf katakana sering di gunakan untuk kata serapan dari bahasa lain sperti b.inggris contoh nya: bahas inggris nya dragon di jepang lafal nya jadi doragon, lalu soccer di jepang lafal nya jadi sakkaa dan sebagai nya.
Dan huruf katakana juga di gunakan untuk nama-nama orang asing sepertikita ini atau dari Negara lain selain Negara jepang  contoh: RIZKI di jepang lafal nya RIZUKI dan IRNA di jepang lafal nya jadi IRUNA dan seterus nya..
Kenapa begitu? Karna orang jepang sulit untuk mengucapkan kata yg lafal nya tidak ada di huruf nya seperti  kata KARNA orang jepang menyebut nya KARUNA.heh ribet deh kalau kita bicara sama orang jepang pakai bahasa Indonesia lafal nya bikin lier wkwkwk,,,
Kebanyakan ya,,orang jepang sangat sulit untuk mempelajari bahasa inggris karna mereka tidak bisa menyebutkan lafal yg huruf nya sendirian sekalinya bisa juga susah di mengeri apa yg dia ucap. Tetapi ada orang jepang yg fasih berbahasa inggris itu karna dia belajarlangsung di tempatnya.

http://2.bp.blogspot.com/-px-hxjKRrD4/T7TbEPq7pCI/AAAAAAAAAEk/kghVl_GPcyI/s400/Katakana.png


Hehe,,jadi ngalur kemana-mana gomennasai ne :D tsugi ne.
Kan udahtuh huruf katakana nya kalau sudah hafal 46 sekarang liat perubahan dari huruf katakana.sebenarnya sama saja tapi kita bedakan aja ya:

Nah,,wakarimashitaka? Sama kan Cuma beda huru aja ko dan satu lagi penggabungan nya nih sama juga sama huruf hiragana jaa,,mimashou :D

Hai,,minna hiragana to katakana wo oboemashita ka?(hiragana,katakana udah hafal?)
Kalau sudah hafal alhamdu,,,lillah xD.
 gambar katakana perubahan:


gambar katakana gabungan:

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSIbH-1s1AtorQBWarkuCodUQJS4fo2eS4MQSyEL4HkYsaOC8TQ


3.KANJI
     Nah,,ini dia huruf yg paling lier tapi kalau kita udah tau cara goresan-goresan kanji nya seperti apa pasti kalian ketagihan deh pengen coret-coret tuh buku kalian :D dan belajar kanji juga melatih imajinasai kalian loh kalau lagi ga ngapa-ngapain menghayal kanji aja anggap aja kalian meggang pulpen terus coret-coret kanji yg kalian hafal. xD tapi asik lohh
Jaa,,hajimemashou,,
Huruf kanji adalah huruf yg berasal dari negri china,,, loh kenapa bisa ada di jepang juga? Nahh,,kalau masalah sejarah kanji nanti saya post ko kita liat dulu huruf kanji seperti apa siap mengantuk xD. Kanji di gunakan juga untuk menulis kata-kata asli bahasa jepang yg telah di terapkan dalam huruf kanji. Dan jumlah resmi yg di tetapkan untuk pendidikan di jepang sekarang adalah sekitar 1850 wow,,,banyak bgt xD mungkin bertambah lagi dan kalau kalian ingin kuliah di jepang ya syarat nya kaya gitu harus bisa kanji sebanyak itu. Dengan test yg nama nya NIHON GO NOURYOKU SHIKEN nati saja juga post ko :D
Nih ciri-ciri huruf kanji seperti ini:
 

Bagaimana? Hehe lier kah?saya pun lier xD tapi kalau masih ada semangat belajar pasti bisa ko walaupun itu sulit tapi coba deh lakukan sesuatu dengan niat segala sesuatu nya itu mudah bukan memikirkan kesusahan nya. Kalau selalu berfikir sulit dan tidak ingin mencoba nya sampai kapanpun tak akan pernah maju :D jaa,,minna motto ganbatte ne
janganlupa beli buku nya ya buat ngafal kanji..

Tips yg penting dari belajar kanji adalah nyak mencoret-coret kanji yg kalian hafal dan biasakan menghafal kanji satu hari 5 kanji atau 2 kanji sebisa nya saja hingga kalian nanti tidak sadar bahwa kanji yg kalian hafal sudah banyak. Dan biasakan juga berimajinasi huruf-huruf kanji yg kalian hafal…
Oia huruf romaji itu sama ko kaya huruf alfabet huruf itu untuk memudahkan saja
maaf kalau ketikan nya salah
Arigatou gozaimasu,, ^_^

Ada yang di daerah BEKASI,JAKARTA atau TANGERANG?
yang ingin belajar bahasa jepang namun masih bingung ingin belajar di mana?. Bagi minasan yang ingin privat bahasa jepang mulai dari huruf hiragana dan katakana, bunpou, tatabahasa dalam bahasa jepang, percakapan sehari-hari dalam bahasa jepang atau  ingin privat tentang N5-N4.itu semua akan diajarkan bertahap.

Bahasa jepang sebenarnya menarik untuk dipelajari.
Jika berminat untuk privat mempelajari bahasa jepang lebih dalam lagi silahkan hubungi kontak saya.
Arigatou gozaimashita ^^

Ganbatte mina!!!

Owie (Bekasi)                           : 089630517902 ( Via WA)

Instagram : @sobaniiru_kata_cinta
Pin bbm : 5D0EE7C0 ( Mohon cantumkan pesan undangan jika ingin private atau ingin belajar)


{ 93 comments... read them below or Comment }

  1. masih belum ngerti nih sensei, kayak nya sulit bgt ya bhs jepang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganbatte!! jangan menyerah bahasa jepang itu gampang ko kalo di biasakan,,,

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. sepertinya benar tapi kata gue kalo lah telanjur disuruh guru bahas bahasa ingris langsung ke lupa deh... 😆

      Delete
  2. pngn bisa b.jpng ,, tapi blm bsa bsa :(

    ReplyDelete
  3. Makasih ya atas berbagi info dan ilmunya.......

    Sangat bermanfaat sekali ..

    #Thanks .......... Salamblogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. arigatou sudah menyempatkan baca blog saya,,semoga bermanfaat ^_^

      Delete
  4. pengen memperlancar bahasa jepang nich sensei

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat,,tapi di mulai yang mudah-mudah dulu ok,,seperti huruf dan bahasa sehari-hari ^_^

      Delete
  5. makasih sensei,
    tapi masih belum ngerti -.-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,semangat terus,,,bahasa jepang asik loh,

      Delete
  6. Replies
    1. haha,,,memang awalnya susah tapi kalau di biasakan pasti ngerti ko,,,^_^

      Delete
  7. belajar terus jangan nyerah belajar bahasa jepang enak loh apalagi kalau masih huruf kamu bisa menghafal dengan cara sendiri,,,satu lagi yang nama nya belajar butuh peroses toh kalo ga ada proses bkan belajar dong yosh!!! ganbatte ne

    ReplyDelete
  8. konbanwa minasan ... wah bagus postingan niechh membantu sekali.. domo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. arigatou semoga bermanfaat,,terimakasih sudah menyempatkan baca

      Delete
  9. baca yang lain nya juga ya ,, ^_^ nanti kalo ada yang mau nanya2 komen aja yahh arigatou udah sempetin baca blog ini

    ReplyDelete
  10. Kalo tulisan schatzi pake bhsa jepang gmna tulisan'a gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi nya kya gini サチャーツ

      Delete
    2. Kalo tulisan sofil fuad gimana bahasa jepangnya kak ?

      Delete
  11. Tanya kak, penulisan " kokkaku " pake hiragana gimana ??

    Thanks......

    ReplyDelete
    Replies
    1. こっかく seperti itu ada huruf TSU kecil karna TSU kecil untuk penekanan contoh lain gakkou=がっこう

      Delete
  12. Arigatou senpai =)
    atas ilu yg udah di share senpai =D
    makin jadinya blajar bahasa jepang =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. arigatou gozaimasu fazar san,,nihongo benkyou suru tame ni ganbatte ne,,^^

      Delete
  13. 生意気な返事を冷却することができる

    ReplyDelete
  14. Mantab .. artikelnya bagus , jangan lupa kunjungi balik dan komen balik http://mafiasitez.blogspot.com/2014/09/cara-mengatasi-openid-yang-error.html

    ReplyDelete
  15. Sensei klo nama maulana dijadiin katakana jd apa? Apakah maruyama? Aq bingung. Hehe arigatou gozaimasu sensei (^_^).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jadiin kata kana jadi maurana,,soalnya orang jepang susah untuk nyebut lafal L katakananya gini マウラナー

      Delete
  16. Kalau irvan,penulisan jepangnya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. イルファン jadi Irufan、karna orang jepang susah untuk lafal yg tidak ada huruf konsonannya,,seperti nama irfan jadi irufan atau rizki jadi rizuku xD kerenkan
      ganbatte irufan san

      Delete
  17. Tlong infox dong . Pengen bljar alpabet a b c d smpe z tpi bukan kyk yg d atas itu loh.
    D bantu yah tlong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam bahasa jepang hanya ada huruf konsonan seperti a i u e o, ka ki ku ke ko dan sterusnya hanya ada huruf satu saja yg tidak konsosnan N.karna orang jepang sulit mengucapkan satu huruf saja contoh nama rizki,, karna ada z sendiri orang jpang membacanya jadi rizuki.

      Delete
  18. sensei ...huruf kanji yang berjumlah 1850 itu apa harus di hafalin semua nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya sudah membaca artikel ini.
      karna di jepang mayoritas orang jepang memakai kanji dalam kehidupan sehari-harinya,jadi harus untuk di hafal. misal joko ke jepang trus ga tau sama sekali kanji pasti repot kan :D,, sebenarnya 1850 kanji yang harus di hafal itu standar pendidikan jepang di sana jika orang indonesia ingin mendapan beasisiwa di jepang mereka wajib untuk menghafal kanji sebanyak itu.

      Delete
  19. sensei ...apa huruf kanji bisa di satukan dengan huruf harigana dan kata kana...minta bantuananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jelaskan lagi yah kanji adalah huruf yang kalimatnya mengandung arti,kalau huruf katakana dan hiragana tidak mengandung arti contoh.
      あい yang artinya cinta jika di jadikan kanji jadi seperti ini 愛,

      Delete
  20. Waah aku sekali ini buka artikel kyak gni. Makasih sensei. Biasanya aku blajar b.korea. tapi skrg mau jepang soalnya ada pljaranya d jepang. Hadeeh belum tlalu ngerti sensei. Mungkin karna bru bljar. Kalo WINDA RAHMA YANTI gmna tulisanya sensei.?

    ReplyDelete
  21. kurang ngerti emang beda nya apa ? antara huruf hiragana huruf katakana
    kanji ?

    ReplyDelete
  22. Keren gan...
    kalo untuk "bayu" tulisan jepangnya gimana?
    domo arigato gozaimasu :-)

    ReplyDelete
  23. Keren gan...
    kalo untuk "bayu" tulisan jepangnya gimana?
    domo arigato gozaimasu :-)

    ReplyDelete
  24. Omae wa indonesian no hito nano ka ore wa siritai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma kotoba nara wakaru dake ore wa mada 13 sai

      Delete
    2. arigato...gozaimas,ogenki des(u)ka..hai,genki des(u) haha konbanwa gozaimaas....
      -Hanako-

      Delete
  25. Sangat membatu bagi pemula seperti saya arigato gosaimasta 😃

    ReplyDelete
  26. sensei saya juga mau belajar bahasa jepang seharihari klo alfabet nya saya sudah nyatet.sensei punya blognya gak

    ReplyDelete
  27. Sensei yg biasa di pakai orang jepang apa???

    ReplyDelete
  28. sensei saya baru mulai belajar bhs.jepang buat nyari alfabetnya diinternet malah banyak versinya ya,jadi bingung mohon arahannya sensei,

    ReplyDelete
  29. sensei mau nanya donk..
    ko ada yg nulis bahasa jepang vertikal sama horizontal.. itu apa bedanya ya?
    yorosku sensei

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

      Peryanyaan ini sering di tanyakan saya akan jelaskan sesuai yg saya faham. Banyak orang jepang yg menulis vertikal maupun horizontal, sebenarnya itu sama saja tapi gaya tulis vertikal banyak digunakan di novel jepang dan komik kepang. Kalau kamu suka baca komik versi jepang pasti gaya tulisannya vertikal.. Intinya gaya tulis vertikal atau horizontal itu sama saja.

      Delete
  30. cara hafal kata kanjinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara hafal kanji cukup.mudah loh sebenarnya. Pertama jangan mudah bosan jika melihat huruf kanji yg goresanya sangat banyak..dalam huruf kanji ada dua cara bacanya yaitu ada kunyomi dan onyomi. Kalau mau blajarkannji harus dibiasakan contoh satu hari minimal ngalaf kannji 5 bsoknya di ulang lgi dan tambah lagi.. Nanti akan tidak terasa kalau nanti sudah bisa baca wacana jepang.. Ganbatte ^^

      Delete
  31. klo bahasa jepang sama bahasa inggris lebih sulit yg mana...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat saya lebih sulit belajar bahasa jepang karna bahasa asing seperti bahasa jepang diwajibkan untuk bisa membaca huruf hiragana dan kanji. Tapi kalau belajarnya karna suka pasti hilangdeh kata2 susah di dlem fikiran bahkan ingin tau lebih banyak lagi..

      Delete
  32. bagaimana cara baca dari syimbol " dan o

    ReplyDelete
  33. Huruf kanji untuk kata semangat apa ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. huruf kanji dalam kata semangat "頑張って" (ganbatte)
      ^^

      Delete
  34. Keren bantu banget buat pemula :3 walau masih lier hihi ...
    Kalo Shabyyla nulis dalam bahasa jepangnya gimana? Hihi?

    ReplyDelete
  35. Keren bantu banget buat pemula :3 walau masih lier hihi ...
    Kalo Shabyyla nulis dalam bahasa jepangnya gimana? Hihi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat pasti kamu bisa ^^ kalau nama kamu di jepangin seperti ini シャビラー(shabiraa)
      terimakasih sudah membaca blog saya ^^

      Delete
  36. Entah kenapa saya tiba2 ingin sekali belajar menulis huruf jepang setelah saya melihat teman saya pandai menulis jepang,hehehe malah curcol ��,tapi susah banget ありか゛とう

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya,, semoga dengan teman kamu bisa bahasa jepang kamu jadi termotivasi untuk semangat belajar bahasa jepangnya ^^ どういたしまして^^

      Delete
  37. ああ屋頭痛が起こります
    屋は彼のポストをGAN感謝

    ReplyDelete
  38. sensei gambar huruf hiragana nya kok gk ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru aktif kembali. tapi sudah saya perbaiki,, arigatou atas komplainnya ^^

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. di jepang kan gk ada huruf f, L, ama v misalkan kalo ada yg namanya akmal huruf L nya di ganti ama huruf apa sensei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kalau huruf jepang itu tidak ada huruf mati. jika ada huruf L di rubah kebentuk baris huruf R. seperti Ra,Ri,Ru,Re,Ro. contohnya Akmal jadi akumaru (アクマル)
      ^^ 

      Delete
  41. Sasuga sensei ,arigatou gozaimazu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai douitashimashite ^^ terimakasih ahmad sudah baca blog saya ^^

      Delete
  42. Sasuga sensei ,arigatou gozaimazu

    ReplyDelete
  43. minna san boku wa ilham desu..
    yurosku onegaisimasu..
    ikutan belajar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoroshiku onegaishimasu.. ^^ di usahakan pakai "watashi" ya ilham ^^

      Delete
  44. Kalo penulisan kata Setiadi gimana ya? Susah gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nama kamu jadi seperti ini セティヤディ ^^

      Delete
  45. klow huruf bentukx kayak orang jalan artinya apa

    ReplyDelete
  46. Hm..... Saya makin kepo' dg bahasa Jepang, haaaaaaa,
    Yach, bisa privatnya di Pekanbaru gak? Yeeeee Wee

    Kira2 belajar sendri bahasa Jepang harus mulai Dr mana dulu sensei ?

    ReplyDelete
  47. kalo S doang enggak ada ya? bingung haha

    ReplyDelete

// Copyright © all about japan //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //